Cara mudah membuat sushi di rumah dengan bahan seadanya

Jakarta (ANTARA) – Melahap sushi memang mudah dan cepat, namun apakah membuatnya juga semudah melahapnya?

Spesialis makanan Jepang sekaligus Head Chef di restoran En Dining, Chef Muhammad Rasel membagikan cara mudah membuat sushi di rumah dengan bahan seadanya.

Homemade sushi bisa. Asal ada nasi dan nori sudah jadi sushi,” kata Rasel ketika ditemui di En Dining Restaurant, Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat.

Bahan yang diperlukan antara lain nasi yang dimasak dengan campuran cuka.

“Karena bukan beras Jepang jadi ketika memasak nasi perlu dicampur cuka supaya nasinya rekat,” ucapnya

Adapun bahan untuk isinya, menurut Rasel tidak serta merta harus salmon, tuna, ataupun kepiting. Namun bisa menggunakan daging dan sayuran seperti irisan wortel dan mentimun.

Selain bahan-bahan tersebut, ada satu alat yang diperlukan ketika membuat sushi yaitu makizu atau alat untuk merapikan gulungan sushi.

Sedikit tips dan trik dari Rasel adalah ketika akan menggulung nasi sebaiknya dalam keadaan sudah dingin supaya nasi lebih rekat dan mudah digulung.

Dalam memotong sushi pun, Rasel menyarankan untuk mencuci pisau terlebih dulu supaya tidak lengket sehingga menghasilkan potongan sushi yang sempurna.

Supaya potongan sushi rapi, menurut dia, sushi harus dipotong menjadi dua bagian.

“Taruh dua jari lalu potong sushi dengan cara memotongnya pelan-pelan sampai bawah. Jangan ditekan nanti sushinya bisa gepeng dan hancur,” kata Rasel.

(Penulis: Peserta Susdape XIX/Shofi Ayudiana)

Pewarta: Peserta Susdape XIX/Shofi Ayudiana
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019