Beda nasi Padang dan Kapau

Jakarta (ANTARA) – Kuliner Minangkabau terdiri dari masakan Padang dan masakan Kapau.

Jika dilihat sekilas, mungkin banyak yang menganggap kedua masakan itu sama saja. Meski sama-sama berasal dari Minangkabau, nasi Padang dan nasi Kapau ini memiliki beberapa perbedaan

Berikut perbedaan keduannya yang berhasil Antara rangkum:

1. Asal
Jika masakan Padang dibuat oleh masyarakat dari Sumatera Barat, masakan Kapau berasal dari masyarakat asli Kapau, sebuah nama kampung di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

2 . Gulai
Nasi Kapau memiliki menu yang lebih lengkap dibandingkan nasi Padang. Salah satunya, gulai tambunsu yang hanya bisa ditemukan di nasi Kapau. Gulai ini terbuat dari usus sapi yang diisi dengan campuran telor ayam dan bebek beserta santan.

“Ciri khasnya hampir sama, tapi variasinya lebih banyak. Seperti tambunsu ini kan khasnya,” ucap pemilik Nasi Kapau Uni Upik, Ade, di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Menu khas rumah makan Kapau, gulai tambunsu di Nasi Kapau Uni Upik, kawasan Senen, Jakarta Pusat. (ANTARA News/Kuntum Khaira Riswan)

3. Sayur
Jika nasi Padang menggunakan sayur nangka sebagai pelengkap hidangan, nasi Kapau lebih lengkap.

“Sayurnya beraneka ragam, ada sayur pucuk ubi, nangkanya dicampur kacang panjang, kol, rebung, terkadang kita tambah pakis juga,” tutur Ade.
  Sayuran khas masakan Kapau di Nasi Kapau Uni Upik, jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. (ANTARA News/Kuntum Khaira Riswan)   Sayuran di nasi Padang (ANTARA News/Kuntum Khaira Riswan)

4. Penyajian

Masakan yang tersedia di nasi Padang disajikan di sebuah etalase dan diletakkan di tatakan berundak yang semakin tinggi. Sedangkan masakan Kapau, disajikan disebuah meja dengan tatakan berundak menurun.

“Disini tidak menggunakan etalase, kalau di kampung penjual berdirinya lebih tinggi dari pembilnya jadi ambil makanannya pakai sendok panjang gitu,” kata Ade. Penyajian masakan di rumah makan Padang (ANTARA News/Kuntum Khaira Riswan)   Penyajian masakan Kapau yang diletakkan di atas meja di Nasi Kapau Uni Upik, Senen, Jakarta Pusat. (ANTARA News/Kuntum Khaira Riswan)

5. Jumlah sajian

Jumlah lauk di rumah makan Kapau lebih banyak dibanding rumah makan Padang, jumlahnya berkisar 40-50 jenis masakan.

6. Bumbu dan santan

Ade mengungkapkan, takaran bumbu dan santan yang digunakan di masakan Kapau lebih banyak dibandingkan masakan Padang.

“Setahu saya nasi kapau ini takaran bumbunya lebih banyak, lebih berani berbumbulah. Santan yang digunakan juga lebih kental,” kata Ade.

Baca juga: Anda berminat dalami 30 ikon kuliner tradisional Indonesia?

Baca juga: Kisah sukses anak penjual nasi Padang layak diangkat

Pewarta: Peserta Susdape XIX/Kuntum Khaira Riswan
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019