Ayah perlu bangun kedekatan dengan anak, caranya?

Jakarta (ANTARA News) – Tak hanya ibu, ayah juga perlu membangun kedekatan dengan anak mereka bahkan sejak anak masih dalam kandungan, menurut psikolog anak dan keluarga, Dr. Rosemini Agoes Salim, M.Psi. 

“Pada saat anak dalam kandungan, ayah harus berperan serta, mengantar ibunya ke dokter. Lalu saat ibu merasa enggak nyaman karena sering kontraksi, ayah boleh mengusap perut istrinya, rasa nyaman ibu itu terkoneksi pada anak,” ujar dia yang akrab disapa Rommy itu dalam peluncuran “Pigeon Baby Toiletries” di Jakarta, Selasa. 

Saat anak lahir, lanjut Rommy, peran ayah semakin besar untuk anak, antara lain memberikan stimulasi motorik, bahasa dan sebagainya. 

“Setelah anak lahir, peran ayah besar sekali. Pada waktu malam hari, memang ayah pergi ke kantor bukan berarti enggak bisa concerned. Mungkin dibagi waktunya,” kata dia. 

Kedekatan antara orangtua dan anak antara lain dalam bentuk kedekatan emosional penting karena berperan besar dalam proses tumbuh dan kembang anak. Untuk itu, orangtua perlu bersikap aktif misalnya dengan menciptakan momen bersama anak. 

“Bermain bersama anak, gunakan yang ada di rumah. Ini juga melatih kreativitas anak,” tutur Rommy. 

Baca juga: Bermain agar orangtua dan anak jadi dekat

Baca juga: Ganti popok bantu kedekatan ayah-anak

Baca juga: Pijatan ayah merangsang produksi ASI

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2019