5 fakta menarik tentang lip balm

Jakarta (ANTARA) – Lip balm adalah salah satu produk yang sering digunakan oleh para perempuan. Bahkan pemakaian lip balm tidak bisa dipisahkan dari rutinitas sehari-hari.

Ketika bibir pecah-pecah atau kering, solusi yang paling dicari adalah dengan menggunakan lip balm. Tapi ada lima fakta menarik seputar lip balm yang mungkin tidak Anda sadari, menurut Boldsky, Minggu.

1. Tidak melembabkan
Lip balm sebenarnya tidaklah melembabkan kulit atau bibir Anda. Produk tersebut hanya mengunci kelembaban di bibir. Lip balm pada dasarnya menciptakan lapisam pada bibir sehingga menyegel kelembabannya agar tidak hilang. Dengan demikian, bibir akan tetap terasa lembut sepanjang hari terutama saat cuaca dingin dan kering. Oleh karena itu, lip balm baik digunakan setiap hari.

2. Tidak masalah menjilat lip balm
Beberapa orang memiliki kebiasaan menjilat bibir, bahkan ketika menggunakan lipstik atau lip balm sekalipun. Para ahli mengatakan bahwa menjilat lip balm cukup aman, tidak ada masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan selain sakit perut ringan. Namun karena lip balm bukan makanan, sebaiknya tidak untuk dikonsumsi.

3. Lip balm tidak membuat kecanduan
Beberapa dari Anda pasti pernah berpikir mulai kecanduan lip balm dan tidak bisa keluar rumah tanpanya. Faktanya, lip balm tidak memiliki kandungan yang membuat ketagihan. Para ahli justru mengatakan bahwa berlebihan menggunakan lip balm akan membahayakan bibir untuk jangka panjang dan busa menyebabkan iritasi.

4. Tak hanya untuk bibir
Lip balm tidak hanya berfungsi untuk bibir. Produk ini juga bisa digunakan pada area sekitar hidung, kutikula atau area lain yang terasa kering. Selain itu, lip balm juga bisa digunakan untuk mengatur bentuk alis.

5. Memiliki tanggal kedaluwarsa
Sama seperti semua produk kecantikan, lip balm juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika lip balm atau produk kecantikan lain Anda sudah memasuki tanggal kedaluwarsa lebih baik segera buang karena karena dapat membahayakan kulit.

Baca juga: Cara Tatjana Saphira menjaga kesehatan bibir

Baca juga: Sulam bibir jenis ini yang sedang tren

Baca juga: Agar warna bibir tak berubah jadi kusam

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2019