Target Anthony Ginting pada BWF World Tour Finals 2018

Jakarta: Pebulutangkis tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, ditargetkan bisa lolos sampai semifinal turnamen BWF World Tour Finals 2018. Hal tersebut disampaikan pelatih sektor tunggal putra, Hendry Saputra.

Turnamen BWF World Tour Finals tahun ini bakal diselenggarakan pada 12 hingga 16 Desember 2018. Kota Guangzhou, Tiongkok, menjadi tuan rumah turnamen akbar Bulutangkis dunia tersebut.

Indonesia sendiri memiliki enam wakil yang lolos kualifikasi untuk turnamen tersebut. Mereka adalah Tommy Sugiarto, Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran).

Baca: Tim Karate Inkanas Ikuti Kejuaraan Internasional di Shanghai

“Target kami tentu saja semua atlet dapat bermain dengan sebaik mungkin dengan prestasi terbaik. Kami berharap bisa masuk semifinal,” kata Hendry pada Selasa (4/12/2018) dikutip ANTARA.

Beberapa pebulutangkis bintang dari sektor tunggal putra dipastikan absen pada BWF World Tour Finals tahun ini. Di antaranya ialah Lin Dan (Tiongkok), Viktor Axelsen (Denmark) dan Chen Long (Tiongkok).

Kendati demikian, hal tersebut bukan semata-mata yang membuat Hendry optimis Anthony bakal melaju sampai semifinal. Dengan persiapan intensif, tunggal putra urutan ketujuh dunia itu diyakini meraih hasil maksimal.

“Rencananya, kami akan berangkat ke Tiongkok. Anthony masih terus latihan sekaligus mempersiapkan fisik dan stamina, sehingga bisa tampil maksimal saat pertandingan,” ujar Hendry.

“Meskipun mereka (Lin Dan, Axelsen dan Chen Long) tidak ada, tetap tidak ada pengaruhnya bagi Anthony. Sama saja, yang penting kita harus tetap optimistis kalau kita bisa tampil secara maksimal,” lanjut dia.

Anthony sendiri memang punya modal BWF World Tour Finals 2018. Ia menjuarai Victor China Open 2018 September lalu, usai mengalahkan tunggal putra urutan pertama dunia, Kento Momota, di partai final. (ANT)

(FIR)