Volvo Tanamkan Sistem Kecerdasan Buatan untuk Mobil Otonom

Suara.com – Volvo, raksasa otomotif yang bermarkas di Gothenburg, Swedia telah mengumumkan bakal menggunakan chip komputer milik Nvidia untuk sistem kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

Mengutip Reuters, Volvo yang saat ini dimiliki produsen otomotif Cina Geely memang merupakan pelanggan Nvidia. Perusahaan menargetkan sudah bisa menjual kendaraan dengan AI pada 2021.

Produk yang disediakan Nvidia berupa chip yang akan dimanfaatkan sebagai otak dari fitur otonom tingkat dasar pada beberapa model kendaraan di masa mendatang. Namun sistem ini tidak dirancang untuk mengemudi sendiri secara penuh. Akan tetapi hanya menawarkan mode bantuan seperti tetap berkendara dalam jalur dan pengereman darurat.

Sementara pihak Nvidia Corp., mengatakan, produksi kendaraan baru dengan komputer Drive AGX Xavier akan dimulai pada awal 2020. Selain sistem bantuan pengemudi yang canggih, mobil-mobil itu akan menampilkan sistem pemantauan dan pengamatan 360 derajat.

Pembuat chip asal Silicon Valley, Amerika Serikat ini pada awal tahun ini mengklaim ada sekitar 320 perusahaan yang terlibat dalam kendaraan swakemudi dengan menggunakan platform komputasi ‘Drive’ dari perusahaan mereka.